Karunia Allah Subhanahu wata’ala yang Tak Terhingga terhadap Umat Manusia

Manusia dengan segala keterbatasan dan ketergantungannya kepada Allah Subhanahu wata’ala, amatlah membutuhkan pertolongan dan kekuatan dari Allah Subhanahu wata’ala.

Terlebih dalam mengemban amanat berat yang tak dimampui oleh makhluk-makhluk besar itu. Maka Allah Subhanahu wata’ala Yang Maha Rahman pun, memberikan nikmat dan karunia-Nya yang tak terhingga kepada mereka untuk bisa menjalankan segala tugas dan kepentingannya. Allah Subhanahu wata’ala ciptakan mereka dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (At-Tin: 4)

Kemudian Allah Subhanahu wata’ala kuatkan persendian tubuhnya, sehingga mampu bergerak untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman, “Kami telah menciptakan mereka dan menguatkan persendian tubuh mereka.” (Al-Insan: 28)

Sebagaimana pula Allah Subhanahu wata’ala menjadikannya pandai berbicara, bisa mendengar dan melihat, sehingga dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesamanya.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman, “Dia menciptakan manusia. Mengajarnya pandai berbicara.” (Ar-Rahman: 3-4)

“Kami jadikan dia mendengar dan melihat.” (Al-Insan: 2)

Segala sarana kehidupan mereka pun telah dicukupi dan dimudahkan-Nya.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman, “Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan dan gunung-gunung sebagai pasak? Dan Kami jadikan kalian berpasang-pasangan, dan Kami jadikan tidur kalian untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan, dan Kami bangun di atas kalian tujuh buah (langit) yang kokoh, dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari), dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah, supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijan, tumbuh-tumbuhan, dan kebun-kebun yang lebat?” (An-Naba`: 6-16)

Allah Subhanahu wata’ala pun telah tentukan untuk mereka rezeki dengan segala hikmah dan keilmuan-Nya. Masing-masing mendapatkannya sesuai dengan bagian dan porsi yang semestinya.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman, “Dan Allah melebihkan sebagian kalian atas sebagian yang lain dalam hal rezeki.” (An-Nahl: 71)

Lebih dari itu, Allah Subhanahu wata’ala utus para nabi dan rasul kepada tiap-tiap umat (dari mereka) sebagai pembimbing mereka ke jalan yang lurus. Sebagaimana pula Dia turunkan kitab suci sebagai pedoman hidup mereka menuju kehidupan yang terang benderang.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman, “Sungguh Kami telah mengutus Rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata, dan Kami turunkan bersama mereka Kitab Suci dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan.” (Al-Hadid: 25)

“Hai Ahli Kitab, telah datang kepada kalian Rasul Kami, menjelaskan kepada kalian banyak dari Al-Kitab yang kalian sembunyikan dan banyak pula yang dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepada kalian cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan (Al-Qur`an). Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya kepada jalan keselamatan. Dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari kegelapan menuju cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (Al-Ma`idah: 15-16)

Demikianlah nikmat dan karunia Allah Subhanahu wata’ala yang dicurahkan kepada umat manusia. Walaupun kebanyakan dari mereka sangat zalim dan ingkar terhadap nikmat-nikmat tersebut.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman, “Dan Dia telah mengaruniakan kepada kalian (keperluan) dari segala apa yang kalian minta. Dan jika kalian menghitung nikmat Allah, tidaklah mungkin kalian mampu menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu sangat zalim dan sangat ingkar (terhadap nikmat Allah).” (Ibrahim: 34)

Wallahu a’lam.

About admin

Jika kata tak lagi bermakna lebih baik diam. (Masih) belajar Islam yang lurus dan benar. Cuma numpang sebentar di dunia. Silahkan duduk mari bicara. Lihat semua pos milik admin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: